Sabtu, 23 Maret 2013

Resensi Novel Promises promises



RESENSI NOVEL
‘PROMISESPROMISES (Mencintaimu Sekali Lagi)’

Judul                          Promises, Promises – MencintaimuSekali Lagi
Penulis                       : Dahlian                                                                                                                     Terbit                         : 2011
Penerbit                      :GagasMedia                                                                           
Kota Terbit                  : Jakarta
Tebal Buku                  : 354 Halaman
Ukuran Buku             : 13 x 19 cm
Kategori Buku            : Novel
Harga Buku                 :Rp. 48.000,-

Sinopsis di belakang buku :

           
Setelah bertahun-tahun lamanya,takdir mempertemukan kau dan aku lagi. Berdiri, berhadap-hadapan, dan sama-samabingung memulai percakapan. Harusnya “Apa kabar?” dan “Aku selalu memikirkanmu”bisa dengan mudah meluncur dari bibir kita. Tapi, kau bergeming di tempatmuberdiri dan aku tak akan mengizinkan kau melihatku meneteskan air mata rindu.Aku menutup rapat-rapat hati dan menyembunyikan kuncinya sejauh mungkin darimu.Tak ingin kau menyentuhku semudah itu. Tak akan membiarkanmu memelukku seeratdulu.

Kulawan semua godaan yang menghampiriku dan ingin pergi jauh-jauh darimu...meskipun yang kulakukan justru berusaha menahanmu di sisiku lebih lama lagi.Kukatakan sudah berhenti memikirkanmu—tetapi aku sendiri ragu akan hal itu.

Aku benci tak jujur kepadamu. Namun, lebih khawatir kau akan membuatku jatuhcinta lagi untuk kedua kali.

Membuatku jatuh dan terluka lagi....





‘PROMISESPROMISES (Mencintaimu Sekali Lagi)’

Buku inibercerita mengenai Fiona, yang bertemu dengan orang yang pernah menjadipacarnya ketika sma. Orang yang dicintainya, tapi juga melukai hatinya. Kesalahan Fiona di masa laluadalah terlalu mencintai Evan hingga ia rela menyerahkan segalanya.  Sedangkan kesalahan Evan adalah tindakanpengecutnya. Evan nekat pergi meninggalkan Fiona saat ia mengetahui bahwa Fionamengandung anaknya. Tidak hanya itu, Evan bahkan tega menyuruh Fiona untukmenggugurkan kandungannya. Buah cinta mereka.
           
Beberapatahun berlalu. Kehidupan mengubah segalanya, termasuk kehidupan Fiona dan Evan.Seiring dengan itu, tanpa sengaja, takdir mempertemukan mereka kembali dantentunya dalam kondisi yang jauh berbeda. Saat ini Fiona adalah seorang single parent yang membesarkanputri semata wayangnya, Kejora yang sedang beranjak remaja. Awalnya hidupnyabaik-baik saya walaupun dia harus banting tulang mencari uang untuk memenuhikebutuh mereka berdua. Tapi semuanya berubah saat dia bertemu lagi dengan priayang membuatnya menderita, pria yang telah 13 tahun meninggalkannya. Pria yangdulunya sangat ia cintai sehingga memberikan harta berharganya sebagai seorangwanita. Pria yang dulu menyuruhnya untuk mengugurkan buah hati mereka, priayang tidak menginginkan kehadiran Kejora. Evan. Itulah nama pria itu. Denganenggan hati Fiona menerima proyek rumah Evan. Yah dia akan berusaha untukprofesional dan tidak akan memandang masa lalunya dulu dengan Evan. Saat merekabertemu Evan sangat kaget, tidak menyangka akan bertemu dengan Fiona, setelah13 tahun tidak bertemu.                  
            Saatmasa-masa pengerjaan renovasi rumah Evan, Fiona selalu dingin terhadap Evan dansebisa mungkin untuk jaga jarak dengan pria itu. Di sisi lain, Evan sadar bahwaia masih sangat menyayangi Fiona dan ingin memulai hubungan lagi dengan Fiona.Evan sadar kalau Fiona membencinya, dia juga sangat menyesal akan kelakuan dansikapnya di masa lalu yang pengecut. Dia berniat untuk memperbaiki seluruhkesalahannya.
Tanpa menyerah, Evan selalu berusaha untuk mendekati Fiona.Walaupun wanita itu lebih sering bersikap dingin dan menolaknya Evan tidakmenyerah. Sampai pada suatu hari Evan bertemu dengan Kejora, anak Fiona. Saatbertemu dengan Kejora pertama kali, Evan merasakan sesuatu yang aneh, tetapidia tidak tahu perasaan apa yang di rasakannya, sehingga saat tanpa sengaja iabertemu kembali dengan Kejora di Mall dia tidak melewati kesempatan itu danmencoba untuk mulai mengenal Kejora, dia berharap dengan mendekati Kejora diabisa membuka hati Fiona.




Akhirnya setelah melewati waktu yangpanjang, Evan berhasil meyakinkan Fiona bahwa dia serius dan bersungguh-sungguhdengan Fiona serta menjelaskan kesalah pahaman 13 tahun lalu. Tapi di saat hidup Fiona mulai membaik dengan adanya Evandi sisinya, Bianca, istri Evan yang sekarang sedang menjalani proses perceraiandengan Evan datang bertemu Fiona dan memberitahu kan sesuatu yangmemporak-porandakan Fiona.
Rasasakit, kecewa, penyesalan, kerinduan, dan sayang bercampur menjadi satu.  Dengan perasaan terluka Fiona berusaha untukmenjauhi dan pergi meninggalkan Evan.
Beberapa saat setelah perkataan Bianca,saat dimana Fionamerasa gelisah karena Evan telah menjauhinya. Saat ia sedang merenung didepanKomputer tiba-tiba  Raymond Bosnya datangdan memastikan apakah Fiona sudah mengetahui tentang perceraian Bianca danEvan. Raymond pun mengungkapkan bahwa perkataan Bianca merupakan dustanyaakibat kecemburuan terhadap masalalu Fiona dan Evan. Mendengar berita itu Fionamerasa bersalah,lega,bahagia,dan bingung membaur. Mengaduk-aduk hatinya, hinggaembuatnya semakin gelisah. Lalu Fiona membulatkan tekadnya dan menghapus egonyauntuk mendatangi rumah Evan demi kebahagiaan Putri sematawayangnya. Semua telahmengungkapkanya satu sama lain. Evanpun akan menikahi Fiona saat itu pula Fionaterkejut namun ia merasa kan kebahagiaan yang besar. Walaupun mereka telahterpisah selama tiga belas tahun, namun lelaki itu tetap mencintainya. Dan,akan terus mencintai,menjaga dan melindunginya hingga akhir hayatnya.




KelebihanNovel                :
·        Sebuah novel yang menggabungkan kisah cintadengan ilmu desain.
·       Promisesditulis dengan bahasa yang indah dan sederhana.
·       Alurceritanya tersusun rapi dan membuat penasaran.
·       Cocokuntuk kaula muda yang sedang dirundung asmara.
·        Romantismeyang diangkat di setiap bagian cerita,
juga deskripsi tokoh dan gerak-geriknya yang menarik
·        Covernovelnya pun cocok dengan romantisme didalamnya.
·        Desain setiap halamannya pun cukup unik dan menarik.

KelemahanNovel             :
·       Penekanan(kebanyakan untuk mendeskripsikan perasaan tokoh) membuat pembaca merasa adapengulangan. Dan pengulangan itu terjadi beberapa kali.
·        Dapatditebak akhirnya,mereka akhirnya bisa bersama kembali.


Amanat                                 :
·       Rasa cinta dan tanggungjawab seorang ibu.
·       Rasa cinta dan kasih sayang yang diciptakan Tuhan kepada sepasangkekasih.
·       Keikhlasan untuk saling memaafkan dan menerima kembali.




TanggapanPribadi                        :
Selain kisah cinta yang membara, Promises, Promises bercerita tentang desaininterior. Penulis membahas secara detail bagaimana sebuah rumah yang elegan itudibuat. Promises, Promises merupakan sebuah novel yang menggabungkan kisahcinta dengan ilmu desain. Membaca kalimat demi kalimat yang tertulis di dalamnovel ini membuat saya mendapat pengetahuan baru, terutama dalam bidanginterior.
Setelah membaca novel Promises, saya mulai mengerti bahwa : Hidupitu bukan hanya permainan (yang bisa ditertawakan), tapi hidup juga perjuangan,perjuangan untuk meraih impian.
Pengarang buku ini menceritakannya dengan sangat ringan dan menyentuh.Rasanya seakan terhisap masuk ke dalam tokoh Fiona, menangis, berdebar-debar,semua emosi yang ada tersampaikan dan terasa hidup. Berhubung Fiona sebagaiseorang interior designer di dalam kisah ini, pengarang juga menggambarkansuasana ruangan, bentuk rumah, interior, dan semua komponen rumah secaramendetail, yang mungkin bagi pembaca yang lain sedikit membosankan, tapi bagisaya itu bagian yang khas, unik, dan cukup menarik.
Dan kata-kata indah yang membuat saya mengingat novel ini adalah           :
“If I only couldmake one wish, I'd ask God to not giving you a pair of wing, so you couldn'tfly away from me any longer”











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar